Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara eject hardisk eksternal mudah seperti eject flashdisk

Menyimpan file dengan flashdisk maupun hardisk eksternal sudah tidak asing lagi di era yang serba modern ini. Akan tetapi, dengan istilah "eject" mungkin kita agak sedikit asing.

Pasalnya yang sering kita eject adalah flashdisk. baik itu ; flashdisk berlabel toshiba, flashdisk merek sandisk, flashdisk berupa OTG, maupun flashdisk terbaik sekalipun. Semuanya itu perlu kita eject agar data yang ada tidak hilang atau data yang ada tidak bermasalah (sesaat) setelah dicabut.

Akan tetapi hal tersebut agak sedikit berbeda dengan hardisk. Baik hardisk eksternal 500GB, 1 TB, 2Tb, hardisk external seagate, maupun hardisk external terbaik lainnya.

Setelah digunakan, hardisk biasanya langsung kita cabut dikarenakan tidak adanya menu “eject” layaknya flashdisk pada windows explorer. Dan oleh sebab itu pada kesempatan kali ini admin akan membahas cara eject hardisk dengan mudah layaknya meng-eject flashdisk.

Baca Juga : Ini dia fungsi tombol windows + e pada keyboard

Sebenarnya tidak di eject pun tidak masalah (menurut beberapa pengalaman admin). Namun tidak ada salahnya sedia payung sebelum hujan. Ikuti aturan yang benar agar apapun yang kita miliki awet dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Andai kata rusak, paling tidak kita sudah berusaha merawatnya dengan baik. Bukan begitu sob? sampaikan pendapat kalian pada kolom komentar!

Sobat em azzaky sekalian ! Untuk meng-eject hardisk dengan mudah, baik pada windows 7 maupun windows 10 sebenarnya cenderung memiliki kesamaan.

Menu eject hardisk memang tidak muncul di windows explorer. Berbeda dengan flashdisk, ketika kita klik kanan di windows explorer disana akan muncul menu eject.

Kita memang tidak bisa memakai cara tersebut. Namun ada satu cara lagi, lebih tepatnya menu eject tersembunyi yang jarang diketahui.

Menu eject ini terdapat pada taskbar tepatnya pada segitiga kecil yang ada dipojok kanan bawah. Dan untuk meng eject hardisk menggunakan fitur tersebut, sobat bisa ikuti beberapa langkah berikut :

Cara eject hardsik bagi pengguna windows 7

Untuk mengeject hardisk eksternal pada komputer maupun laptop dengan sistem operasi windows seven (windows 7), sobat sekalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah secara seksama.

  1. Hardisk dalam posisi tertancap pada latop atau komputer
  2. Jika windows explorer kalian masih terbuka, silakan tutup terlebih dahulu.
  3. Setelah windows explorer kalian tutup, silakan akses menu “segitiga kecil” yang ada di pojok kanan bawah pada toolbar
  4. Klik kanan pada gambar USB
  5. Pilih “eject expansion disk” dan selesai. Hardisk bisa dicabut

Catatan :

Menu eject hardisk eksternal yang ada pada windows 7 dengan cara ini sifatnya labil. Kadang tersedia dan terkadang juga tidak (berdasarkan hasil ujicoba admin saat menggunakan windows 7). Namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

Baca Juga : Cara cepat mengubah nama folder

Cara eject hardisk bagi pengguna windows 10

untuk mengeject hardisk pada komputer maupun laptop dengan sistem operasi windows ten (windows 10), sobat sekalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah secara seksama.

  1. Hardisk dalam posisi tertancap pada latop atau komputer
  2. Jika windows explorer kalian masih terbuka, silakan tutup terlebih dahulu. Bila ada yang belum tahu apa itu windows explorer berikut admin sertakan gambarnya (maaf, gambar memakai sampel windows 7. namun fitur dan posisi eject hardisknya sama-sama ada di bagian tersebut)
  3. cara eject hardisk eksternal mudah seperti eject flashdisk

  4. Setelah windows explorer kalian tutup, silakan akses menu “segitiga kecil” yang ada di pojok kanan pada toolbar
  5. Klik kanan pada gambar USB
  6. cara eject hardisk eksternal mudah seperti eject flashdisk

  7. Pilih “eject expansion disk” dan selesai. Hardisk bisa dicabut

Catatan :

Menu eject hardisk yang ada pada windows 10 ini cenderung stabil. Artinya selalu muncul dan selalu tersedia (dalam beberapa percobaan yang admin lakukan). Mungkin ini adalah salah satu bentuk penyempurnaan pihak microsoft pada produk mereka sebelumnya.

(Update) Min, cara di atas udah saya terapkan tapi kok masih gak bisa di eject ya hardisk maupun flashdisknya ? baik sob, solusi dari masalah tersebut cukup dengan menutup semua file hardisk atau flashdisk yang sedang terbuka, setelah itu tutup juga windows explorernya. terakhir, tekan dan tahan tombol SHIFT sambil menarik atau meng-eject flashdisk atau hardisk eksternal tersebut.

Cara tersebut dapat dari mana sob, kok aneh ? ceritanya pernah ada seorang temen yang ngasih tau, "eh tekan dan tahan tombol shift sambil mencabut flashdisk aja, itu sudah sama dengan meng-eject" akhirnya, hal itupun kami coba, dan data-data yang ada alhamdulillah aman. pada uji coba tersebut yang kami gunakan adalah sebuah flashdisk. namun, hal tersebut kami kembalikan lagi kepada sobat, kami tidak bertanggung jawab apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (lain ladang bisa jadi lain belalang ya sob, hhe......keep your spirit...... )

Baca Juga : Cara cepat mengetahui spesifikasi laptop

Sobat em azzaky di mana pun kalian berada! Demikianlah yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga yang admin posting tentang "cara eject hardisk eksternal dengan mudah layaknya eject flashdisk" ini dapat membawa manfaat untuk kita bersama.

Bila ada saran maupun pertanyaan, sobat sekalian dapat menyampaikannya pada kolom komentar di bawah. dan bisa juga menghubungi kami melalui menu kontak yang tersedia. Admin mohon undur diri dulu, dan sampai jumpa lagi pada postingan selanjutnya.

Terima kasih !

Em Azzaky
Em Azzaky Learn, write, act, and teach

2 comments for "Cara eject hardisk eksternal mudah seperti eject flashdisk"

  1. Mau tanya dongg, saat di eject menggunakan cara tersebut kok tidak bisa kenapa ya ? Padahal sudah tidak ada file yang terbuka , terimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bro IQBAL jika dengan cara di atas belum berhasil dieject, coba tutup windows explorernya dulu. kemudian eject melalui menu sigitiga kecil yang ada di pojok kanan bawah. semoga berhasil !

      Delete