Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menambahkan jaringan ssid wifi secara manual

Tambah jaringan wifi - Kebutuhan Jaringan sudah menjadi hal biasa bila kita sedang berurusan dengan internet dan keperluan digital lainnya. Seperti halnya menambah jaringan ssid wifi pada komputer, pada laptop, dan bahkan menambah jaringan ssid wifi pada smartphone atau hp android.

Semuanya dilakukan untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam berselancar di dunia maya. Namun bagaimana jika jaringan wifi ini tidak muncul baik pada komputer, laptop, maupun hp?

Jaringannya ada, orang-orang sekitar juga ada yang memakainya, tetapi di device kita notifikasi wifi tidak muncul. Maka dari itu pada kesempatan ini admin akan membahas cara untuk menambahkan jaringan ssid wifi secara manual. mari ikuti dengan seksama ulasan selengkapnya !

Baca Juga : Tips mengatasi wifi silang merah pada laptop

Solusi SSID Wifi Yang Tidak Muncul

Untuk menambah jaringan wifi yang tidak muncul ini baik pada komputer, laptop, maupun hp, maka kita perlu tambahkan jaringan ssid wifi nya secara manual.

Semuanya perlu menambahkan jaringan ssid wifinya secara manual agar bisa di akses pada masing-masing perangkat perangkat yang dimiliki.

A. Menambahkan jaringan ssid wifi secara manual pada smartphone android

Menambahkan jaringan wifi di hp secara manual dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut. Pada tutorial ini admin menggunakan device xiaomi redmi note 2, dan untuk device lain langkah-langkahnya silakan disesuaikan dengan smartphone masing-masing.

1. Masuk ke pengaturan atau setting pada smartphone sobat
2. Pilihlah opsi setelan menu wifi ! (jika wifi masih off, aktifkan terlebih dahulu!)

Baca Juga : Cara cepat transfer file dari komputer ke hp dan sebaliknya (via wifi hotspot)

3. Setelah jaringan wifi aktif, silakan cari atau pilih pada opsi “tambah jaringan”
4. Maka akan muncul tampilan seperti berikut

menambahkan jaringan ssid wifi secara manual

5. Masukkan ssid (nama wifi) dan jenis keamanannya juga ! jaringan wifi modern biasanya memakai jenis keamanan "wpa / wpa2”.

Namun, Bila wifinya tidak diamankan dengan password. Maka cukup dengan memasukkan ssid nya saja dan selanjutnya tinggal klik "connect" atau "ok" (meski agak jarang sih wifi tanpa password hhh......)

6. Jika ssid jaringan wifi dan jenis keamanannya sudah diisi, selanjutnya, masukkan “password wifi tersebut” di hp / smartphone android sobat

menambahkan jaringan ssid wifi secara manual

7. Dan terkahir klik “OK”

Catatan :

Untuk ssid wifi (nama wifi) beserta passwordnya silakan berhubungan langsung dengan pemilik atau penyedia wifi. Jika mereka mengizinkan, tentunya sobat akan bisa tersambung ke wifi tersebut.

Mengapa perlu menanyakan ssid atau nama wifi nya juga ? apakah password saja tidak cukup ?

Memang benar sobat ; jika wifi pada umumnya kita hanya perlu menanyakan passwordnya saja. Namun, khusus untuk wifi dengan sistem sperti ini ; kita harus menuliskan dengan benar nama wifinya juga.

Meski tahu passwordnya dan pasword tersebut sudah diisi dengan benar. salah satu huruf saja dalam penulisan SSID (nama wifinya) maka wifi juga akan gagal terhubung. jadi, mari lebih berhati-hati !

B. Menambahkan jaringan ssid wifi secara manual pada laptop

Dalam uji coba kami memakai laptop dengan sistem operasi Windows 7. Utuk Device lain silakan disesuaikan dengan settingan masing-masing.

1. Klik gambar wifi yang ada di pjok kanan bawah
2. Kemudian pilih opsi ‘open network and sharing center”
3. Akan muncul tampilan baru, di sana pilihlah opsi “manage wireless network”
4. Selanjutnya klik pada menu “Add”
5. Habis itu klik “manually create a network profile” dan kemudian isi kolom yang ada

menambahkan jaringan ssid wifi secara manual

6. Network name (diisi denggan nama ssid wifi), security type (diisi dengan jenis keamanan yang dipakai), encryption type (diisi dengan AES atau TKIP), security key (diisi dengan password wifi tersebut)
7. Selanjutnya klik “Ok" atau "Next”

Catatan :

Pastikan kolom yang ada di atas tadi terisi dengan benar. Termasuk besar kecilnya huruf juga perlu diperhatikan.

(Tambahan) untuk menambahkan ssid wifi secara manual di laptop bisa juga dengan memilih status wifi dengan sinyal terbanyak yang tidak ada namanya (atau ada namanya, namun biasanya diakhiri dengan kata network), pilih jaringan tersebut, setelah itu tinggal memasukkan ssid dan password wifinya. jika sobat masih bingung, sampaikan kendala sobat via komentar di bawah atau hubungi kami via kontak yang ada di menu.

Baca Juga : Cara cepat ubah nama folder dengan shortcut keyboard

Sobat em azzaky yang kami banggakan! Demikianlah yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga yang admin posting tentang "cara menambahkan ssid wifi secara manual" dapat membawa manfaat untuk kita bersama.

Bila ada pertanyaan atau masukan dari sobat sekalian dapat disampaikan melalui kolom komentar di bawah atau bisa juga menghubungi kami melalui menu kontak yang ada. Admin mohon undur diri dulu, dan sampai jumpa lagi pada postingan selanjutnya.

Terima Kasih !

Em Azzaky
Em Azzaky Learn, write, act, and teach

Post a Comment for "Menambahkan jaringan ssid wifi secara manual"