Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Beli Smartphone Bekas

Sobat em azzaky yang berbahagia, pada postingan kali ini kita akan membahas 9 hal penting yang harus diperhatikan saat membeli smartphone bekas atau hp second. Mengingat maraknya smartphone-smartphone versi baru dengan tampilan yang lebih memukau yang membuat para pengguna ingin beralih dari smartphone yang lama ke smartphone yang baru.

9 tips membeli smartphone

Baca Juga : Cara memilih baterai smartphone yang tepat

Smartphone lama biasanya akan dijual dan uang yang ada kemungkinan akan dipakai untuk membeli smartphone terbaru. Smartphone bekas seperti ini sangatlah menguntungkan. Karena dijual bukan karena rusak maupun ada yang cacat melainkan ingin beralih ke smartphone yang baru.

Tertarik membelinya sudah tentu pasti. Karena smartphone bekas tersebut biasanya akan dijual dengan harga yang lebih murah. Meski begitu, kita tidak tahu pasti alasan dijualnya hp tersebut. bisa saja orangnya bilang "dijual karena ingin ganti hp baru" dan lain sebagainya. intinya alasan yang kurang menguntungkan kita.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan (merugikan) bagi kita. Berikut em azzaky paparkan 9 hal yang perlu diperhatikan dan dicek saat membeli smartphone bekas (smartphone second).

9 hal penting saat membeli smartphone bekas

1. Cek tombol fisik yang ada

Hal pertama yang perlu dicek saat membeli smartphone bekas adalah memeriksa tombol fisik yang ada. Baik itu tombol power, volume plus (-), ataupun Volume minus (-). silakan sobat periksa fungsi tombol-tombol tersebut. apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

2. Cek tempat kartu sim dan memory

Hal kedua yang perlu diperhatikan saat membeli hp bekas adalah memeriksa dan mengecek slot kartu SIM dan slot kartu memori (Bila ada). Untuk mengecek slot kartu SIM dan memory, sobat cukup tancapkan kartu dan memory ke slot hp atau smartphone yang sedang dicek. Dan pastikan sinyal muncul serta kartu memory terdeteksi pada smartphone bekas tadi.

3. Cek lubang headset

Hal ketiga adalah mengecek lubang headset. saat membeli msrtphone bekas jangan lupa cek lubang headset, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Pasalnya pernah ada seorang teman admin. Ia habis membeli smartphone bekas dan sesampainya di rumah barulah diketahui bahwa headsetnya tidak berfungsi. Mencoba dengan headset yang lain namun hasilnya tetap sama.

Meski headset tidak terlalu sering digunakan. namun headset tetap dirasa penting utamanya saat kita sedang melakukan panggilan ditempat umum atau sedang melakukan video pembelajaran layaknya lewat zoom, google meets atau yang lain

4. Pastikan tidak ada akun yang tersangkut

Hal keempat pastikan tidak ada akun yang tersangkut. baik itu akun google, akun mi, akun facebook, dan lain sebagainya. agar nantinya tidak menyusahkan kita dan juga pemilik akun tersebut.

Baca Juga : Cara mengaktifkan tema gelap (dark theme) pada whatsapp

Dan perlu diingat khusus pada smartphone xiaomi. Saat anda membelinya (smartphone xiaomi bekas maksud kami), pastikan akun mi sudah dalam keadaan kosong. agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. dan selanjutnya cukup buat akun mi baru (opsional)

5. Cek kondisi baterai

Hal kelima adalah mengecek kondisi baterai. Mengecek baterai bisa dilakukan dengan cara memutar video youtube, dibuat sosmed, browsing dan lain sebagainya. kemudian silakan lihat persentase baterai.

lihat berapa persen baterai yang dikonsumsi dalam jangka waktu pemutaran youtube dan lain-lain tadi untuk menentukan awet atau tidaknya baterai smartphone bekas tadi. info selengkapnya tentang cara mengecek kondisi baterai bisa dibaca pada postingan berikut "cara mengecek kondisi baterai smartphone"

6. Cek microphone dan speaker

Hal keenam mengecek microphone dan speaker smartphone bekas. saat membeli smartphone bekas, pastikan microphone dan speakernya berfungsi dengan baik. untuk mengecek microphone bisa dilakukan dengan cara merekam suara menggunakan smartphone tersebut.

sedangkan untuk mengecek microphone dapat dilakukan dengan cara memutar musik menggunakan smartphone bekas tadi. jika keduanya berfungsi dengan baik berarti microphone dan speaker smartphone tersebut layak digunakan

7. Cek kamera

hal ke tujuh adalah mengecek kamera smartphone. Cek kamera depan maupun belakang dari smartphone bekas tersebut.berfungsi dengan baik ataukah tidak. mengingat kamera termasuk aset smartphone yang tergolong penting. utamanya untuk mendokumentasikan foto.

8. Cek sistem sekitar 5 menitan

hal kedelapan silakan cek sistem sekitar lima sampai sepuluh menit. cara mengeceknya cukup dengan membuka aplikasi satu dengan lainnya secara bergiliran, geser layar ke kanan dan ke kiri selanjutnya geser dari atas ke bawah. Tujuannya adalah untuk mengecek respon layar sentuh, apakah mengalami ghost touch (layar menyentuh sendiri) atau tidak.

Hal ini pernah admin alami saat membeli smartphone redmi note 2 (second). Saat kami cek 1-2 menit hp tampak normal dan sesampainya dirumah admin pakai dalam jangka waktu lumayan lama. adapun hasilnya layar menyentuh sendiri, untungnya cukup dengan mematikan layar sudah normal kembali. meski terkadang kambuh lagi. menyesal sebenarnya, tapi apa boleh buat. nasi sudah menjadi bubur.

9. Cek charger

hal kesembilan, sekaligus point terakhir jangan lupa cek charger atau ces smartphone bekas tadi. apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Saran kami, belilah smartphone bekas yang ada garansinya. bila ada cacat bisa kita komunikasikan ke penjualnya.

atau jika smartphone bekas dengan garansi sulit kita jumpai, maka solusi terbaik adalah cod smartphone bekas ditempat yang terdapat listrik dan wifinya sekaligus seperti halnya warung kopi atau wifi id corner. agar kita dapat mengecek charger serta kenormalan wifi sekaligus.

Baca Juga : Cara mebuat tulisan bold, italic, dan tercoret di whatsapp

Sobat em azzaky yang budiman ! Demikianlah yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga yang admin posting tentang "tips membeli smartphone bekas" ini dapat membawa manfaat untuk kita bersama.

Bila ada saran maupun pertanyaan, sobat em azzaky dapat menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah atau bisa juga menghubungi kami melalui menu kontak, email, ataupun live chat yang tersedia.

Admin mohon undur diri dulu, dan sampai jumpa lagi pada postingan selanjutnya.

Terima Kasih !

Em Azzaky
Em Azzaky Learn, write, act, and teach

Post a Comment for "9 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Beli Smartphone Bekas"